Sabtu, 12 Oktober 2013

Tutorial Install XAMP dan PhpMyadmin

Assalamuaikum wr.wb. kita berjumpa lagi dengan saya Een Pahlefi, dalam kali ini saya mendapat sebuah tugas dari dosen saya untuk menulis artikel tentang XAMP, kita mulai pendahuluan dulu, apa sih XAMP itu?

XAMP adalah sebuah software apache yang dalam nya sudah tersedia database server mysql dan php programing.

Yang anda harus lakukan adalah mempunyai installer/aplikasi XAMP. Jika belum punya anda download disini.

Saya anggap anda sudah berhasil mendownload file tersebut, maka selanjutnya saya akan menjelaskan proses instalasi dengan gambar yang sudah saya buat sebelum nya, untuk itu anda  perhatikan gambar - gambar yang sudah saya buat di bawah ini .
Klik open file installer nya.
 













Jika anda mempunyai anti virus maka akan muncul seperti ini, pilih Next saja.













Pilih Next.




















Centang seperti gambar ini.




















Pilih Next.




















Hilangkan Centang nya, selanjutnya pilih Next.




















Pilih Next




















Tunggu Proses Instalasi Selesai




















Proses instalasi selesai




















Dibagian Action : klik Start untuk menjalankan Apache dan Mysql


















Perhatian : Proses instalasi XAMP sudah selesai, perlu di perhatikan usahakan jika menginstall XAMP pakailah yang versi installer , jangan biasakan memakai versi portable. Dilain kasus saya menemukan pada saat starting service Apache dan Mysql, service tersebut tidak dapat dijalankan.

Baik selanjutnya kita uji, apakah XAMP yang telah kita install tersebut berhasil atau tidak. Buka Mozilla/Google Chroom anda, dan ketikan di address bar : http://localhost
Jika keluar tampilan pemilihan bahasa, sudah bisa dipastikan proses apache anda bekerja dengan baik. Perhatikan Gambar dibawah ini !!!
 
localhost
 








Selanjutnya giliran PhpMyadmin kita cek, apakah berhasil atau tidak. Buka lagi Mozilla/Google Chroom anda , dan ketikan di address bar : http://localhost/phpmyadmin
Jika keluar tampilan pemilihan bahasa, sudah bisa dipastikan proses phpmyadmin anda bekerja dengan baik. Perhatikan Gambar dibawah ini !!!
phpmyadmin














Semoga Bermanfaat
Penulis : Een Pahlefi
  

0 comments:

Posting Komentar

Bank Saya

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 013 1 001384 5
An. Een Pahlefi

Norek BRI Rencana : 0623 01 000074-55-6
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Monitoring

Status Panel Admin
Jam Sekarang
Tanggal
Salam Sapa :
Status Admin :
User : User Online

Popular Posts