Kamis, 28 Agustus 2014

Senin, 25 Agustus 2014

MikroTik QoS - Burst

[Asah Otak] [MikroTik QoS - Burst]
Pengantar:
Fitur Burst pada Management Bandwidth MikroTik ROS berfungsi untuk meningkatkan Kecepatan Transfer Data dalam waktu tertentu (singkat) pada proses awal download data, hal ini terutama sering diimplementasikan pada akses data kecil (mis. Browsing) agar pada saat pengguna melakukan Browsing terasa wuzz...wuzz...wuzz.
Diketahui konfigurasi Simple Queue MikroTik utk Download sbb:
1. Limit-At = 128 Kbps
2. Max-Limit = 256 Kbps
3. Burst-Threshold = 192 Kbps
4. Burst-Limit = 512 Kbps
5. Burst-Time = 8 seconds
6. Data Download Size = 512 KByte
Kondisi koneksi PC yang digunakan untuk mendownload selalu mencapai MIR (Maximum Information Rate).
Tentukan:
1. Berapa lama (detik) waktu download dalam posisi "Burst"?
2. Berapa lama (detik) waktu yg dibutuhkan untuk menyelesaikan proses download data dengan mengaktifkan Burst?
3. Berapa lama (detik) waktu yg dibutuhkan untuk menyelesaikan proses download data tanpa mengaktifkan Burst?
Note:
1. Jawaban dianggap benar jika melampirkan proses perhitungan
2. Hal ini penting untuk mengetahui lebih detail kegunaan fitur Burst pada MikroTik ROS.
********PENTING********
Quiz ini berhadiah 1 unit MikroTik RB 951 2n + Buku MikroTik 100% Connected persembahan Ilmu Jaringan Computer...
********PENTING********

Jawaban tersebut di jawab oleh saudara Yudha Leonheart dan saudara Dajal Kun

A. Berikut jawaban Yudha Leonheart:

1. rumus = (burst thresold / burst limit) * burst time
(192Kbps/512Kbps)x8s=3detik

2.pencarian lama aktif burst
detik 0 = (burst limit*detik ke-n)/burst time = (512*0)/8 = 0/8 = 0Kbps masih dapat burst karena kurang dari sama dengan burst thresold
detik 1 = (burst limit*detik ke-n)/burst time = (512*1)/8 = 512/8 = 64Kbps masih dapat burst karena kurang dari sama dengan burst thresold
detik 2 = (burst limit*detik ke-n)/burst time = (512*2)/8 = 1024/8 = 128Kbps masih dapat burst karena kurang dari sama dengan burst thresold
detik 3 = (burst limit*detik ke-n)/burst time = (512*3)/8 = 1536/8 = 192Kbps sudah tidak dapat burst karena nilai = burst trhesold

perhitungan download data
data size = 512KB
satuan kilobit dibagi 8 agar menjadi kilobyte karena 1 byte = 8 bit ->Kb/8 = KB
rumus = besar download size pada detik ke N - besar max limit atau jika masih masuk waktu burst maka dikurang dengan besar burst limit
detik 0 = 512KB-(512Kb/8)=512KB-64KB=448KB --> liat pencarian lama aktif burst diatas,karena masih masuk maka besar data dikurang dengan burst limit
detik 1 = 448KB-(512Kb/8)=448KB-64KB=384KB --> liat pencarian lama aktif burst diatas,karena masih masuk maka besar data dikurang dengan burst limit
detik 2 = 384KB-(512Kb/8)=384KB-64KB=320KB --> liat pencarian lama aktif burst diatas,karena masih masuk maka besar data dikurang dengan burst limit
detik 3 karena sudah tidak dapat burst maka diturunkan ke max limit
jd data size - max limit lakukan trus sampai download size habis
lihat dibawah
detik 3 = 320KB-(256Kb/8)=320KB-32KB=288KB
detik 4 = 288KB-(256Kb/8)=288KB-32KB=256KB
detik 5 = 256KB-(256Kb/8)=256KB-32KB=224KB
detik 6 = 224KB-(256Kb/8)=224KB-32KB=192KB
detik 7 = 192KB-(256Kb/8)=192KB-32KB=160KB
detik 8 = 160KB-(256Kb/8)=160KB-32KB=128KB
detik 9 = 128KB-(256Kb/8)=128KB-32KB=96KB
detik 10 = 96KB-(256Kb/8)=96KB-32KB=64KB
detik 11 = 64KB-(256Kb/8)=64KB-32KB=32KB
detik 12 = 32KB-(256Kb/8)=32KB-32KB=0KB -->selesai

3.tanpa ada burst = besar data / max limit
= 512KB/(256Kb/8)=512KB/32KB= 16 detik

B. Berikut Jawaban Dajal Kun:

DIketahui :

1. Limit-At = 128 Kbps
2. Max-Limit = 256 Kbps
3. Burst-Threshold = 192 Kbps
4. Burst-Limit = 512 Kbps
5. Burst-Time = 8 seconds
6. Data Download Size = 512 KByte = 512*8 = 4096 Kbit

DItanyakan :
1. Berapa lama (detik) waktu download dalam posisi "Burst"
2. Berapa lama (detik) waktu yg dibutuhkan untuk menyelesaikan proses download data dengan mengaktifkan Burst?
3. Berapa lama (detik) waktu yg dibutuhkan untuk menyelesaikan proses download data tanpa mengaktifkan Burst?

Jawaban :
1. nemu rumus di internet interval-time = (burst-treshold*burst-time) / burst-limit
waktu download saat burst sama dengan interval-time, jadi
interval-time = (192 kbps * 8 s) / 512 kbps
= 3 s

2. Berdasarkan soal no 1, selama 3 detik kecepatan yang didapatkan adalah 512 kbps,
sehingga data yang terdownload adalah 3 * 512 = 1536 kbps.
total data yang harus didownload adalah 4096 kbps, sehingga
4096-1536 = 2560 kbps
setelah masa burst, kecepatan yang didapat adalah max-limit (karena kondisi MIR), yaitu 256 kbps, sehingga
2560 / 256 = 10 s, jadi
waktu yang dibutuhkan untuk mendownload jika menggunakan burst adalah 3 + 10 = 13 s

3. waktu yang dibutuhkan untuk mendownload tanpa burst-time adalah
4096/256 = 16 s

Untuk lebih detail bisa lihat disini
Download : Ziddu / 4shared / MediafireApp Box
Note:
Maaf kalo tampilannya kacau, sy cuman copas dari file .txt yg dikirim

Sumber : https://www.facebook.com/groups/ilmujaringan
Dalam rangka ulang tahun ilmujaringan.com yang ke 3

Terima kasih kepada guru www.ilmujaringan.com
Robi Kasamudin dan Rendra Towidjojo

Minggu, 24 Agustus 2014

Download REFOG Employee Monitor

Produk hebat! Perangkat lunak keylooger Anda memungkinkan saya mengawasi anak-anak saat mereka menggunakan komputer kami. Saya telah menggunakan produk-produk lain sejenis tapi tak satu pun dari mereka yang bekerja sebaik ini.





REFOG Personal Monitor membawa pemantauan menyeluruh ke langkah lebih tinggi. Menambahkan peringatan keamanan instan yang langsung dikirim ke PC Anda, REFOG Personal Monitor akan memperingatkan Anda jika sesuatu terjadi di rumah atau di tempat kerja – tanpa kecuali di mana Anda berada ketika hal itu terjadi! Produk ini ideal untuk menjaga anggota keluarga atau mengawasi karyawan Anda.

Download App Box : App Box

Cara Menghapus Partisi System Reserved di Windows 7

Windows 7 memiliki partisi tambahan, disebut System Reserverd yang katanya "It is used for the BCD store (for booting), Windows Recovery Environment, and for Bitlocker for those editions that support it.". Berada di awal harddisk dan ukurannya relatif kecil yaitu 100MB. Untuk memastikan System Reserved Partition tersebut, silahkan buka Disk Management dengan cara tekan tombol Windows+R untuk membuka dialog RUN dan tulis diskmgmt.msc akhiri dengan enter.

Walaupun posisinya kecil dan nyempil , namun jika Windows 7 akan disandingkan dengan OS lain (dual boot), adanya partisi tambahan ini cukup menggangu.

Jika agan searching di mbah google, maka akan bertebaran trik untuk menghapus partisi tersebut, dan ane juga pernah mempraktekkan cara rumit. Walaupun berhasil, tetapi perlu kesabaran ektra tinggi.

Ane nemu yang jauh lebih simple sekali:
1. Jalankan command prompt sebagai administrator













2. Tuliskan perintah
bcdboot c:\windows /s c:










Agan akan mendapatkan pesan Boot files successfully created. Jika bukan pesan itu yang muncul, berarti belum berhasil
3. Buka disk management, klik kanan pada drive C kemudian pilih Mark Partition as Active.
4. Restart
5. Buka disk management, hapus partisi system reserved.
6. untuk memanfaatkan bekas partisi system reserverd tersebut, agan dapat merubah ukuran partisi drive c (extend), dan sebaiknya menggunakan software bantu semacam mini tool partition wizard.

Selesai

Penulis : Een Pahlefi
Semoga Bermanfaat

Selasa, 19 Agustus 2014

Kamis, 07 Agustus 2014

Login Page Mikrotik Nasa Hotel With Boostrap Responsive

Bertemu lagi dengan saya Een Pahlefi, setelah lebaran akhirnya aktif lagi sharing sesuatu.

Kali ini saya iseng edit sebuah login page mikrotik untuk hotel, yang dilengkapi dengan fitur boostrap responsive 3.2.0 dan fitur slider nya yang cantik.

Langsung saja dicoba kalo pengen mencicip nya.

Semoga Bermanfaat
Penulis : Een Pahlefi
Ziddu
App Box
4shared

Bank Saya

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 013 1 001384 5
An. Een Pahlefi

Norek BRI Rencana : 0623 01 000074-55-6
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Google+ Followers

Monitoring

Status Panel Admin
Jam Sekarang
Tanggal
Salam Sapa :
Status Admin :
User : User Online

Popular Posts