Minggu, 30 November 2014

DHCP Server Not Running ClearOS 6.5

Selamat pagi salam sejahtera buat kita semua bertemu lagi dengan saya Een Pahlefi, Kali ini saya akan menulis sebuah catatan kecil mengenai pengalaman saya bersama ClearOS Community 6.5 dimana ketika saya bermaksud ingin menghapus modul dnsmasq 

#yum remove dnsmasq

Apa yang terjadi? ternyata DHCP Server saya tidak jalan, padahal configurasi nya sudah benar dan saya reconfigurasi di webconfig nya, tentu saja membuat saya panic !!!!! ;) tapi gk segitu nya juga kaleee.. hahahaha.

akhirnya saya install kembali dnsmasq nya seperti berikut

#yum install dnsmasq

Apa yang terjadi? ternyata dhcp server saya masih belum jalan juga, ketika saya cek di init.d nya yaitu :
#/etc/init.d/dsmasq status.
Keadaan nya masih off, okelah saya jalankan service nya
 #/etc/init.d/dnsmasq start
Kita lihat apa yang terjadi? ternyata dhcp server saya gk jalan juga. hadehh..

Saya berfikir, ini pasti karna DNS yang ada diwebconfig belum muncul, mengakibatkan dhcp server saya tidak jalan, solusi terakhir adalah lari ke webconfig, dan buka market place, install dns nya.













Lanjut lagi, jika market place nya tidak bisa di buka karna tidak resolve, sementara kita tidak memakai 127.0.0.1 melainkan dns google, silahkan edit di directory
#/etc/resolv.conf













Sekarang marketplace sudah bisa di buka, dan carilah modul DNS Server













Gambar di atas tentu akan berbeda dengan punya anda, di karenakan punya saya sudah terinstall.
Jangan khawatir, pilih modul DNS Server, dan selanjutnya install di kanan atas
















Permasalahan Solved [ dapat di atasi ] dan DHCP Server saya running kembali

Penulis : Een Pahlefi
Semoga Bermanfaat

0 comments:

Posting Komentar

Bank Saya

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 013 1 001384 5
An. Een Pahlefi

Norek BRI Rencana : 0623 01 000074-55-6
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Monitoring

Status Panel Admin
Jam Sekarang
Tanggal
Salam Sapa :
Status Admin :
User : User Online

Popular Posts