Senin, 13 Oktober 2014

Pengalaman Praktek Kerja Lapangan Kampus Semester 7 di Perusahaan Penjualan Alat Berat Sampai Pada Akhirnya Menjadi Guru Honorer di SMK Bina Banua

Hallo selamat malam, sudah beberapa bulan gk nulis di blog di karnakan lagi sibuk. hehehehehe.
Begini ceritanya, tak terasa saya sudah memasuki semester 7, dan bertemu dengan yang nama nya PKL ( Praktik Kerja Lapangan ), karna terlalu banyak bersantai, akhirnya bingung mau PKL dimana, sampai suatu ketika saya minta bantuan ke orang tua untuk mencarikan tempat PKL, kemudian setelah nelpon sana sini, akhirnya teman bapak punya kenalan di perusahaan distributor penjualan komponen alat berat dan genset, kebetulan dia adalah HRD disana, tak butuh berapa lama besok nya saya masuk kekantor bak seperti karyawan pada umum nya. Hari pertama saya berkenalan dengan para penghuni kantor, mulai dari karyawan departemen service, part, marketing sampai supervisor nya, tibalah saya disuruh kerja input absen dan uang makan para karyawan, kira - kira 1 jam sudah selesai pekerjaan saya, tibalah saya bengong gk ada kerjaan, padahal masih ada 6-7 jam waktu saya di kantor, dan itu membuat saya bosan bukan main.

Berlanjut hari selanjutnya, seperti biasa pekerjaan saya masih sama seperti hari kemarin yaitu input data beberapa jam, dan sisanya bengong, pekerjaan itu saya lalui hingga 3 minggu . Hingga pada hari selanjutnya saya berinisiatif pindah kelantai bawah untuk memasuki divisi part counter yaitu admin yang bertugas melayani customer. Disana tempat nya enak , dan AC nya dingin sekali, dikarenakan cuma diisi oleh 3 orang ditambah dengan saya, yang pertama yaitu :

1. Firman : Part Counter
2. Husairi : Admin

Senang sekali saya akrab dengan mereka, karna latar belakang mereka suka bercanda, pas dengan watak saya. hehehehehhe

Disinilah saya belajar mengoperasikan program penjualan seperti membuat PSO, SI, dll

Keterangan nya adalah :
SI : Sales Inter Branch yaitu pembelian barang dari sesama cabang
PSO : Purchasing Sales Order
BO : Back Order
PO : Purchase Order
Invoice

Selanjutnya paling 1 minggu saya belajar, kerjaan saya sudah mulai habis, di karenakan invoice yang nilai nya ratusan juta tidak boleh di kerjakan oleh orang PKL.. hehehehhee
Kemudian saya pindah kegudang untuk sekedar meliat - liat aktivitas orang - orang dan penghuni disana. digudang itu ada 3 orang yang bertanggung jawab yaitu :

1. Supian : Akrab disapa amank iyan
2. Indra
3. Didik : Akrab disapa pa didik

Mereka orang nya baik, dan sifatnya pun suka bercanda. Sampai suatu ketika saya ingin ikut mereka mengantar barang cylinder block yang beratnya 225kg. dan barang tersebut di antar menggunakan motor box ke alamat perusahaan smart ( perusahaan sawit ), di hari itu juga saya sempat berkunjung ke gudang minamas.

Dihari esok nya, saya ikut lagi nganter barang ke gudang yang lebih besar, yaitu United Traktor, saya tercengang melihat puluhan excavator di belakang nya, wowwwww... Hari itu saya ngantar barang, cuma lupa nama nya apa, dan akhirnya saya pulang sore lebih cepat :)

Kemudian di hari selanjutnya, saya kembali ke ruangan asal yaitu departemen service, kembali lagi yaitu cuma bengong gk ada kerjaan + dingin menggigil karna AC yang lumayan dingin. Sampai terpikir di benak saya ingin keluar dari kantor ini, tapi bingung bagaimana caranya...

Alhamdulilah, di hari besok nya, teman saya yaitu pak faizal adam ( saat itu menjabat wakil kepala sekolah smk bina banua ) memanggil saya untuk menghadap beliau , karna pada hari itu hp saya ketinggalan, beliau memanggil saya lewat pesan di facebook, dan saya cepat bergegas kesekolah,
dihari itu saya menghadap staf yayasan yaitu ibu sanah sambil didampingi oleh pak faizal, dan saya dikasih kertas silabus.

Ibu sanah : Apakah anda sanggup untuk mengajari siswa sesuai silabus ini?
Saya : Sanggup bu

Langsung saya dikasih nomor guru yaitu kode nya 53 , dan jadwal mengajar besok.
Didalam hati, saya senang sekali, karna saya disuruh mengajar mata pelajaran produktif jurusan teknik komputer jaringan.

Dan saya bergegas, kembali kekantor untuk meminta ijin ke HRD perusahaan, dan ijin tersebut di perbolehkan :)

Besok nya saya mengajar kesekolah SMK Bina Banua Banjarmasin.

Dan berikut adalah surat Surat Keputusan Guru Honorer saya :)



Location: Banjarmasin, Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Bank Saya

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 013 1 001384 5
An. Een Pahlefi

Norek BRI Rencana : 0623 01 000074-55-6
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Monitoring

Status Panel Admin
Jam Sekarang
Tanggal
Salam Sapa :
Status Admin :
User : User Online

Popular Posts