Sabtu, 17 Mei 2014

Tips dan Trik Menjual Jasa


[Share Pengalaman] "TRIK MENJUAL JASA". Dari ngobrol bersama teman2, terutama rekan2 yang lebih muda, kebanyakan diantara mereka kesulitan menjual jasa, biasanya jasa instalai teknis. Ada yang bilang : "Sudah dikasih harga murah, kok masih ditawar, udah gitu, eh.. ga jadi di order lagi" Pengalaman saya, memang ada trik sendiri dalam menjual jasa.Beberapa saran berikut berdasarkan pengalaman saya sendiri, jadi bisa cocok dan tidak cocok dengan situasi anda. Ada beberapa trik yang perlu anda ketahui : 

1. Jika anda menjual jasa, berilah opsi pembanding. Misal jasa bikin website, jangan langsung " nodong " 500rb misalnya. Kasih opsi, 300rb , 500rb, 750rb, 1jt , beri keterangan yang jelas dan apa faktor PEMBEDA antar opsi itu. 

2. Selain ada beberapa opsi, anda harus memberikan salah satu opsi sebagai RECOMMENDED. Utamanya ini adalah pilihan yang anda ingin client memilihnya. Beri penjelasan mengapa opsi itu adalah yang paling direkomendasikan, biasanya adalah perbandingan yang tepat antara harga dan layanan/fitur dan fitur2 itu berguna semuanya untuk pekerjaan client secara umum. Selain opsi RECOMMENDED, anda bisa menyarankan client untuk opsi PREMIUM, biasanya layanan paling mahal. Peluangnya jika client adalah orang yang prefeksionis, maka biasanya dia akan memilih yang Premium, dan jika client adalah orang pada umumnya, maka dia akan memilih opsi yang Recommended. JANGAN pernah, mempromosikan paket EKONOMI ( yang paling murah), karena itu adalah opsi cadangan untuk mengakomodir client yang sensitif harga dan tidak seberapa memperdulikan kualitas. Tapi bukan berarti anda bekerja asal2an jika client memilih paket EKONOMI, tetap jaga kualitas. Ini hanya trik pemasaran saja, bukan untuk menipu client dengan jebakan opsi. 

3. Sisipkan Bonus dan Cross-Selling di opsi anda. Misal untuk paket recommended maka selain fitur2 yang sudah di cantumkan, client akan mendapat bonus hosting atau bonus mail server, dll secara gratis (meskipun sebenarnya biaya paket sudah termasuk biaya tambahan ini semua) . Atau jika client memilih suatu opsi, anda bisa menawarkan layanan jasa pendukung lainnya, misal desain logo, desain kartunama, kertas surat, amplop, atau jasa SEO, promosi, dll yang mendukung bisnis client yang memesan website ke anda. 

4. Hindari menawarkan jasa atas nama PRIBADI/PERSONAL. Gunakan nama BADAN USAHA, meskipun anda belum mendaftarkan secara resmi (Tidak ada Akte, SIUP, dll) , tapi setidaknya ada nama badan usaha dan STEMPEL nya. Client lebih suka memilih berbisnis dengan badan usaha dibanding orang perorang, apalagi client perusahaan, organisasi, atau institusi. Gunakan format surat2 resmi untuk penawaran, invoice, nota, kuintansi, dll yang berhubungan dengan bisnis anda. Semoga Sukses. 

Penulis : Een Pahlefi
Sumber Tulisan : Andi Micro

0 comments:

Posting Komentar

Bank Saya

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 013 1 001384 5
An. Een Pahlefi

Norek BRI Rencana : 0623 01 000074-55-6
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Monitoring

Status Panel Admin
Jam Sekarang
Tanggal
Salam Sapa :
Status Admin :
User : User Online

Popular Posts