Jumat, 03 Januari 2014

Apa yang di maksud System Development Life Cycle (SDLC)

Siklus Hidup Sistem (System Life Cycle)

SLC adalah proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau sub-sistem informasi berbasis komputer. SLC sering juga disebut dengan waterfall approach.

GSLC (General System Life Cycle) 
Merupakan fase-fase utama (general) yang terjadi pada semua sistem, baik sistem biologis, fisikal, social ataupun sistem lainnya. 


Adapun fase-fase tersebut terbagi menjadi 4 (empat) fase diantaranya adalah;

  1. Development (introduction)
  2. Growth
  3. Maturity
  4. Deterioration (decline)
Apabila di gambarkan maka akan berbentuk seperti ini.
    |                           
    |                         +---------------+\
    |                        /:               :  \
    |                      /  :               :    \
    |                    /    :               :      \ 
    |                  /      :               :        \
    |                /        :               :          \
    |              /          :               :
    |  /--------+/            :               :
    | /    I    :     II      :      III      :    IV
    |/          :             :               :
    +---------------------------------------------------------------
     Development    Growth       Maturity       Deterioration         


            Gambar 4.1 : General Systems Life Cycle (GSLC)

ISLC (Information System Life Cycle)
Merupakan fase-fase utama (general) yang terjadi pada sistem informasi.
Adapun fase-fase tersebut terbagi menjadi 4 (empat) bagian diantaranya adalah;
a)     Systems Development (Design)
b)     Systems Implementation
c)     Systems Operation (Maintenance)
d)     Systems Obsolescence


Apabila di gambarkan maka akan berbentuk seperti ini.
    |                           
    |                         +---------------+\
    |                        /:               :  \
    |                      /  :               :    \
    |                    /    :               :      \ 
    |                  /      :               :        \
    |                /        :               :          \
    |              /          :               :
    |  /--------+/            :               :
    | /    I    :      II     :      III      :    IV
    |/          :             :               :
    +---------------------------------------------------------------
     Systems      Systems       Systems Operation  Systems
     Development Implementation (Maintenance)      Obsalescence
     (Design)


           Gambar 4.2 : Information Systems Life Cycle

System Development Life Cycle (SDLC)
SDLC ini berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan utama dan langkah-langkah dari setiap tahapan yang secara garis besar terbagi dalam 3 kegiatan utama, yaitu;

1)       Analysis dalam tahapan analisis ini, diguanakan oleh analis sistem untuk;
  • Membuat keputusan apabila sistem saat ini mempunyai masalah atau sudah tidak berfungsi secara baik dan hasil analisisnya digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki sistem.
  • Mengetahui ruang lingkup pekerjaannya yang akan ditanganinya.
  • Memahami sistem yang sedang berjalan saat ini.
  • Mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya.
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap analisis ini adalah;
a)     Problem Detection
Tujuan         : Mendeteksi sistem, apabila sistem saat ini semakin berkurang manfaatnya
Hasil            : Laporan pendahuluan tentang permasalahan yang terjadi dalam sistem


b)    Initial Investigation
Tujuan       : Memberikan sistem saat ini dengan penekanan pada daerah-daerah yang menimbulkan masalah
Hasil             : Penjelasan sistem saat ini


c)    Requirement analysis (determination of ideal system)
Tujuan        : Mendapatkan konsesus dari komunitas pemakai dari SI yang ideal. Sebuah penggantian sistem akan menimbulkan jarak antara sistem saat ini dengan sistem yang ideal (yang mengacu ke komputerisasi).
Hasil            : Penjelasan kebutuhan analisis terhadap sistem.


d)    Generation of system alternative
Tujuan        : Menggali (explore) perbedaan dari alternatif sistem dalam mengurangi jarak (gap) antara sistem saat ini dengan sistem idealnya.
Hasil       : Dokumen-dokumen tentang alternatif sistem yang akan digunakan untuk memperbaiki sistem.


e)    Selection of proper system
Tujuan     : Membandingkan alternatif-alternatif sistem dengan menggunakan metodologi terstruktur, memilih alternatif sistem yang paling baik, dan menjualnya (sell) kepada management.
Hasil         : Hasil-hasil dari studi sistem.

2)    Design
Dalam tahap perancangan (design) memiliki tujuan, yaitu untuk;
  • Mendesain sistem baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternatif sistem yang terbaik.
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perancangan ini adalah;
a)    Output design
Tujuan      : Memberikan bentuk-bentuk laporan sistem dan dokumennya.
Hasil         : Bentuk (form) dari dokumentasi keluar (output).
            
b)    Input design
Tujuan   :Memeriksa bentuk-bentuk masukan didokumen dan dilayar ke sistem informasi.
Hasil          : Bentuk (form) dari dokumentasi masukan (input).


c)    File design
Tujuan      : Memeriksa bentuk-bentuk file yang dibutuhkan dalam SI.
Hasil         : Bentuk (form) dari dokumentasi file.


3)    Implementation
Dalam tahap implementasi emmiliki beberapa tujuan, yaitu untuk;
  • Melakukan kegiatan spesifikasi rancangan logikal ke dalam kegiatan yang sebenarnya dari sistem informasi yang akan dibangunnya atau dikembangkannya.
  • Menimplementasi sistem yang baru.
  • Manjamin bahwa sistem yang baru dapat berjalan secara optimal.
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap implementasi adalah;
a)     Programming & testing 
Tujuan    : Mengkonversikan perancangan logikal ke dalam kegiatan operasi  dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu, dan mengetest semua program serta memastikan semua fungsi/modul program dapat berjalan secara benar.
Hasil         : Coding program dan spesifikasi program.


b)     Training
Tujuan     : Memimpin (conduct) pelatihan dalam menggunakan sistem, persiapan lokasi latihan dan tugas-tugas lain yang berhubungan dengan pelatihan (buku panduan sistem).
Hasil         : Rencana pelatihan sistem, modul-modul latihan dan sebagainya.


c)     System changeover
Tujuan     : Merubah pemakaian sistem lama ke sistem baru dari sistem informasi yang berhasil dibangun. Perubahan sistem merupakan tanggungjawab team designer ke pemakai sistem (user organization).
Hasil         : Rencana (jadwal dan metode) perubahan sistem (contract)


Setiap kegiatan dalam SDLC dapat dijelaskan melalui tujuan (purpose) dan hasil kegiatannya (deliverable).
Apabila kegiatan utama tersebut dijabarkan ke dalam langkah-langkah yang lebih rinci dapat digambarkan seperti berikut;


+---------------------------------------------------------------------+
:         ANALYSIS        :       DESIGN         :  IMPLEMENTATION    :
+---------------------------------------------------------------------+
                          :                      :
     +---------------+    :                      :
 +-->:     Problem   :    :                      :
 |   :    Detection  :    :                      :
 |   +---------------+  +-----------+          +-----------+
 +---------> |          | :         |          | :         |
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 |   :    Initial    :  | : :    Output     :  | : : Programming / :
 |   : Investigation :  | : :               :  | : :     test      :
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 +---------> |          | :         |          | :         |
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 |   :  Requirements :  | : :     Input     :  | : :  Training /   :
 |   :    Analysis   :  | : :               :  | : :    Other      :
 |   +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
 +---------> |          | :         |          | :         |
     +---------------+  | : +---------------+  | : +---------------+
     : Generation of :  | : :     Files     :--+ : :    System     :
     : Alternatives  :  | : :               :    : :  Change Over  :
     +---------------+  | : +---------------+    : +---------------+
             |          | :                      :
     +---------------+  | :                      :
     : Selection of  :--+ :                      :
     : Proper System :    :                      :
     +---------------+    :                      :


Gambar 4.3 : Stages of Problem Solving Systems Development Life Cycle (SDLC)
Sumber : http://goo.gl/yA0I40
Diedit ulang by Een Pahlefi.
Location: Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Bank Saya

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 013 1 001384 5
An. Een Pahlefi

Norek BRI Rencana : 0623 01 000074-55-6
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Norek : 0623 01 015938 50 9
An. Een Pahlefi

Monitoring

Status Panel Admin
Jam Sekarang
Tanggal
Salam Sapa :
Status Admin :
User : User Online

Popular Posts