Program 3D apa yg paling baik untuk menghasilkan hasil yg realitis dan keren
Karena beberapa hari ini kebetulan ada yg nanya ke ane dengan pertanyaan yg sama jadi ane tulis di wall aja biar bisa saling share..
Pertanyaanya : Yaitu program 3D apa yg paling baik untuk menghasilkan hasil yg realitis dan keren
Well klo menurut ane sih simple hampir semua program 3D bisa menghasilkan gambar yg realitis dan keren.. mulai dari 3ds-max, C4D, Maya, Zbrush (khusus sclupt), modo, Arnold, bahkan sampai yg gratisan model blender dan sketchup pun punya kemampuan yg sama
masalahnya sekarang bukan di program apa yg di pake tapi ada 5 syarat untuk menghasilkan renderan 3D yg keren (ane juga dapat dari hasil baca2 sana sini nih )
1. Perlu model dan material yg pass (modelnya bisa di bikin sendiri atau comot sana sini ..karena tidak semua designer 3D itu bikin sendiri modelnya semua bisa juga modifikasi dari yg sudah ada atau penggabungan dari berbagai modeling dasar)
2. Perlu memahami topologi dan philosofi teknik pencahayaan .. soalnya sekeren apapun model ente dengan teknik pencahayaan yg salah hasilnya pasti jelek
3. Menetukan scene dan environment yg pas .. untuk memberikan kesan 3D itu seperti nyata di perlukan environment yg pas.. environment di sene juga mencakup pemilihan background yg pass, penyetingan gambar HDRI, dan pemilihan atmosfer yg tepat .. bahkan sampai pemilihan tata letak studio virtual untuk 3d modelnya bila menginginkan scene ala studio
4. Memahami render enggine yg digunakan, dalam menghasilkan gambar 3d yg keren biasanya ada yg memakai render engine luaran, bukan bawaan programnya .. hal ini mungkin karena faktor "taste" dan kecepatan render. . biasanya engine render luaran menawarkan waktu render yg lebih singkat dan rasa renderan yg berbeda dari render enggine bawaan programnya sendiri, di dunia untuk saat ada 5 render engine yg terkenal yaitu, V-ray, Maxwell, octane, I-ray, NOX (gratisan), Diantara 5 render engine itu ada yg tipe CPU basic, ada yg GPU basic dan ada juga yg bisa keduanya. untuk yg CPU basic maxwel, dan noX, sedangkan untuk GPU basic Octane dan I-ray (nvidia), sedangkan V-ray bisa melakukan keduanya baik CPU dan GPU basic.
Perbedaan mendasar CPU dan GPU basic adalah pada bias renderannya .. klo cpu basic biasanya gak bias jadi di render di komputer apapun hasilnya pasti sama, sedangkan gpu basic biasanya bias dan sangat di pengaruhi apa jenis VGA cardnya (dalam beberapa kasus bahkan gak bisa di pake klo vganya gak cocok)
5.Dan yg terakhir jelas kegigihan untuk ngumpulin resource seperti material, texture, model dasar dan mempelajari tutorial dan tekniknya .,..
Bagian ini yg paling menjengkelkan dan memakan waktu lama dan membosankan karena kita harus nyontek, nyontoh, ngopi, jiplak, ngikutin tutorial, experiment, ngumpulin resource dll ... dan hal inilah yg ane lakukan saban hari wkwkwkwk.
Untuk menutup tulisan ane yg panjang lebar, kali luas, kali gak jelas ini .. dibawah ini adalah scene dari official V-ray yg ane render pake program C4D hasilnya akan sama aja bila di lakukan di program 3d lainnya seperti 3ds max, sketchup, dll
Sumber : Teman facebook yang paling ganteng
0 comments:
Posting Komentar